728x90 AdSpace

Latest News

Jumat, 08 Juli 2011

Please keep your smile,^


Oleh : Doy_Pooer@yahoo.co.id  Jum’at, 28 Mei 2010
Hai saudaraku sekaliaann....,^ Tau gak kalian semua, didalam gerak tubuh manusia, ada satu buah gerakan yang sangat unik sekali dan penuh dengan kejutan, ? yang mana, jika teman-teman melakukan gerakan itu, maka tanpa sadar nie, teman-teman telah melakukan perubahan besar dalam diri teman-teman sekalian. Selain itu, teman-teman pasti’a nie juga akan menemukan sebuah kejutan yang menarik sekali dalam gerakan tersebut. Dan itu semua bisa teman-teman rasakan, jika teman-teman mw melakukan’a.
Sebuah gerakan yang sangat sederhana dan mudah sekali sekali untuk kita semua, namun dibalik kesederhanaan itu, ada berberapa fakta dan keajaiaban menarik yang ditemukan dalam satu gerakan tersebut lho teman.Berbagai penelitian mengenai gerakan unik tersebut, telah dilakukan oleh pakar psikologi , dan mereka semua menyimpulkan bahwa, ketika kita melakukan gerakan unik tersebut, maka saat itulah dalam diri kita secara alamiah nie teman, itu akan timbul berberapa hal yang sangat unik dan menarik sekali. Bingung dan penasaran kan..! Teman-teman tau tidak gerakan yang unik sekali itu..?. Tersenyum teman, itulah sebuah gerakan sederhana nan unik, namun penuh sekali dengan keajaiaban dan misteri.
Kenapa dikatakan penuh misteri,? karena jika dilihat teman, gerakan tersenyum itu, hanyalah mengangkat kedua pipi kita ke atas, itu saja. Tapi kenapa yah, banyak sekali tak jarang kita melihat seseorang itu, jarang atau bahkan sulit sekali untuk tersenyum.
“[Tersenyum tatkala hati kita bahagia atau senang]”, Duuh itu adalah hal yang sangat wajar sekali teman,  kita semua sudah tahu itu, dan hal itu memang benar. Benar, Karena ada sebuah teori yang mengatakan bahwa “[ hati itu mempengaruhi keadaan fisik atau gerakan manusia ]“. Tapi jangan lupa teman, bahwa ada sebuah teori lain lagi yang mengatakan bahwa “[ keadaan fisik atau gerakan manusia juga mempengaruhi hati manusia] “. Para pakar psikolog telah melakukan penelitian mengenai gerakan tersenyum ketika dalam keadaan emosioanal yang tidak normal ( tidak bahagia,). Dan dari penelitian tersebut mereka menyimpulkan bahwa, tindakan tersenyum itu sendiri, sebenar’a bisa mengubah kondisi emosional kita dan membuat kita merasa lebih bahagia secara alamiah. Begitu pula sebaliknya, melakukan gerakan mengerutkan dahi saja selama semenit atau lebih, maka takkan butuh waktu lama, kita akan merasakan emosional kita berubah menjadi lebih buruk, secara alamiah.
Jadi, Jika kita melihat kedua teori yang telah disebutkan diatas nie teman, maka kita akan menemukan sebuah sintesa (kesimpulan) dari kedua teori tersebut bahwa ternyata, “ [Antara hati dan fisik atau gerakan manusia itu ternyata saling ada keterkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain] ”.Nah, dari dua fakta tersebut, mungkin yang banyak teman-teman temukan dan rasakan adalah Tersenyum tatkala hati ini sedang Bahagia . Nah sebenarnya didalam tulisan ini saya ingin mengajak teman-teman semua untuk bisa melakukan dan merasakan Tersenyum dalam setiap keadaan. Teman-teman tidak perlu ragu untuk mencoba hal tersebut, Antara hati dan fisik atau gerakan manusia memang saling mempengaruhi, namun saya berpendapat bahwa gerakan manusia atau keadaan fisik manusia itu mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap hati manusia. Saya kutip perkataan Dr.Khalil A. Khavari dalam bukunya yang berjudul “ A practical Guide to Personal Happiness “ Dalam bukunya Beliau mengatakan bahwa “ PERASAAN BAHAGIA (HATI) itu bergantung lebih pada bagaimana kita memperlakukan hidup (GERAKAN) , ketimbang pada bagaimana hidup memperlakukan kita. “[1]..
Nah, Agar teman-teman menjadi semangat dan yakin untuk mencoba hal tersebut, So, saya ingin memberi informasi kepada teman-teman, tentang misteri dan keajaiban apa saja sie yang terjadi secara alamiah dalam diri kita, ketika melakukan gerakan tersenyum. Yupz, Ada berberapa fakta yang akan dijelaskan disini, yang mungkin dari teman-teman sekalian sudah mengetahui hal tersebut. Tapi semoga itu tak mengurangi rasa ikhlas teman-teman untuk menuntut ilmu yah, karena banyak penuntut ilmu yang tidak bisa mengaplikasikan ilmunya bukan karena kurangnya ilmu tapi dikarenakan tidak adanya rasa ikhlas dalam hati ini sebagai penuntut ilmu. Sungguh semoga teman-teman tidak seperti itu yah.Aamiin
Okey, langsung saja yah fakta menarik Yang pertama, ketika kita tersenyum, saat itulah secara alamiah dalam diri kita akan timbul perasaan -PERCAYA DIRI-. Mengapa timbul persaan percaya diri..? Alasanya adalah, karena hampir sebagian besar dari kita tatkala gugup atau grogi, kita cenderung tidak memperlihatkan wajah senyum, benar tidak,^ ?. Dan cara mengubah perasaan gugup menjadi percaya diri adalah dengan gerakan tersenyum bukan. Oke, dari alasan diatas kita telah membuktikan kebenaran fakta penelitian yang telah disebutkan diatas yang menyimpulkan bahwa ketika kita melakukan gerakan tersenyum, saat itulah dalam diri kita secara alamiah sedang membuat suasana hati kita menjadi lebih baik –BAHAGIA-,^. Ko bisa yah, gimana cara’a yah ,!?. Ok, Bisakah teman –teman memikirkan sesuatu yang menyenangkan ketika teman-teman melakukan gerakan mengerutkan dahi (cemberut) ?. Begitu pula sebaliknya, Bisakah teman-teman memikirkan sesuatu yang buruk ketika teman-teman melakukan gerakan tersenyum.?. Pastilah sangatlah sulit bukan.,^ Masih belum percaya ! Saya akan memberikan fakta lain lagi. Fakta yang membuktikan bahwa, ternyata ketika kita tersenyum, selain dalam diri kita secara alamiah sedang membuat suasana hati kita menjadi bahagia..Ternyata Secara tidak langsung pada saat teman-teman tersenyum, saat itulah sebenarnya tanpa sadar teman-teman sedang “ memberikan kesan yang baik dan menarik “  kepada orang-orang yang teman-teman temui. Fakta penelitian nie teman mengenai ketertarikan manusia, menunjukkan bahwa, kita sebenarnya tertarik pada orang-orang yang bahagia, dan kita secara tidak langsung akan menganggap mereka adalah orang yang menyenangkan. Nah,pertanyaannya nie teman, dari mana mereka melihat bahwa kita adalah orang yang bahagia? apakah mereka melihat hati kita ketika mereka menganggap kita adalah orang orang yang bahagia?.Duuh tentulah tidak. Lalu dari mana mereka bisa mengatakan bahwa kita adalah orang yang bahagia..?.Yah dari gerakan pipi keatas kita teman (Tersenyum,^). Fakta menarik lain lagi nie teman, bahwa ternyata orang-orang akan menilai kita itu seperti apa?, itu sesuai dengan kesan pertama yang kita berikan kepada mereka teman!.“ jika kesan pertama mereka tentang kita baik, maka mereka akan cenderung menilai kita lebih baik lagi “.Duuh  Setelah tadi teman-teman dibuat bahagia secara alamiah oleh gerakan senyum teman teman, sekarang teman-teman juga dibuat bahagia lagi dengan penilaian orang lain bahwa teman-teman adalah orang yang menarik,^.Yakinlah teman, kita ini benar-benar akan dibuat bahagia oleh gerakan tersenyum kita lho .Jadi gak ada alasan kan buat kita untuk selalu tersenyum.,^
Dan yang terakhir yang bisa saya sebutkan disini teman, bahwa ternyata Senyum itu mengisyarakan tentang sebuah PENERIMAAN –RASA IKHLAS–! memberitahukan pada orang lain bahwa kita tulus menerima segala hal apa adanya, seperti ketika ada seseorang yang dengan sengaja atau tanpa sengapa menyiramkan secangkir kopi ke baju kesayangan kita lalu kita tersenyum, maka orang yang menyiramkan kopi ke baju kita tadi tanpa diberitahu, dia akan mengetahui bahwa kita rela diperlakukan seperti itu. Padahal kita tidak berkata apa pun kepadanya yah. Yang kita lakukan hanyalah Tersenyum. Ini menunjukkan bahwa senyuman itu adalah Isyarat yang memberitahukan kepada orang lain bahwa kita telah tulus menerima apa adanya. Entah itu mulai dari kelebihan atau kekurangan orang lain.Duuh romantisnya,^....
Wahai saudaraku sekalian TERSENYUMLAH,^ tanpa perlu ragu dan memikirkan perasaan tidak senang atau tidak baik. Tersenyumlah karena kita akan merasakan rasa PERCAYA DIRI, BAHAGIA, MENARIK & IKHLAS dengan sendirinya SECARA ALAMIAH .
SMILE,^

SEMANGAT MENCOBA WAHAI SAUDARAKU YANG RINDU AKAN HAL HAL YANG TELAH DISEBUTKAN DIATAS , TAK USAH KAU TAHAN SENYUM INDAHMU ITU KARENA SENYUMMU ADALAH SEDEKAH BAGI SAUDARAMU
AKHIR KATA, TERSENYUMLAH WAHAI SAUDARAKU,^ 

Catatan sumber bacaan :
  1. Al Qur’an & As Sunnah
  2. Terjemahan Get Anyone to Do Anything: Never Feel Powerless_with Psychological Secret to Control and Influence Every Situation, David J. Liebermen,Ph.D.
  3. Terjemahan Spiritual Intelligence : A practical Guide to Personal Happiness, Dr.Khalil A. Khavari Ph.D.


[1] Terjemahan A practical Guide to Personal Happiness, Khalil A.Khavari,Ph.D
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Please keep your smile,^ Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top