الكتاب- القران- الذكر- الفرقان
الكتاب
· اْلكِتَابُ مِنْ (كُتُبٌ) وَاْلِكتَابُ فِي الِلسَانِ اْلعَرَبِى تَعْنِي جَمْعَ أَشْيَاءَ بَعْضَهَا مَعَ بَعْضٍ لِإِخْرَاجِ مَعْنَى مُفِيْدًا
Al-kitab dari bentuk jamak “kutubun”. Dan al-kitab didalam kamus Lisaanu al-arabi yaitu kumpulan suatu bagian dengan bagian lain guna menghasilkan makna yang sempurna (Syahrur)
القران
· اِنَّهُ لَقُرْاَنٌ كَرِيْمٌ فِيْ كِتَابٍ مَكْنُوْنٍ لَايَمَسُّهُ اِلَّا اْلمُطَهَّرُوْنَ تَنْزِيْلٌ مِنْ رَبِّ اْلعَلَمِيْنَ
Sesungguhnya al-qur’an ini adalah bacaan yang mulia, dalam kitab yang terpelihara (Lauh al-mahfudh) tidak menyentuhnya kecuali mereka yang disucikan, diturunkan dari Tuhan semesta alam (QS. Al-Waqi’ah: 77-80)
· عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: لَايَمَسُّهُ اِلَّا اْلمُطَهَرُوْنَ-اْلكِتَابُ اَّلذِى فِى السَّمَاءِ
Ibnu Abbas berpendapat bahwa maksud LA YAMASUHU ILLA AL MUTHAHARUN itu adalah kitab yang ada dilangit (al-Thabari 27: 118)
· قَالَ اللهُ تَعَالَى: فِى صُحُفٍ مُكَرَّمَةِ مَرْفُوْعَةٍ مُطَهَّرَةٍ بِاَيْدِى سَفَرَةٍ كِرَامٍ بَرَرَةٍ
Allah swt berfirman: dalam mushaf yang mulia, yang ditinggikan lagi disucikan, berada ditangan Malaikat yang mulia dan suci (QS. ‘Abasa: 13-16)
الذكر
· قَالَ اللهُ تَعَالَى: ص وَالْقُرْاَنِ ذِي الذِّكْرِ
· فَالِذِكْر هُوَ تَحَوُلُ اْلقُرْاَن إِلَى صِيْغَةٍ لُغَوِيَةٍ إِنْسَانِيَةٍ مَنْطُوْقَةٍ بِلِسَانِ عَرَبِي. وَ أَنَّ الذِّكْرَ لَيْسَ اْلقُرْاَنَ نَفْسَهُ, بَلْ هُوَ اَحْدٌ صِفَاتُ اْلقُرْاَنِ. فَااْلقُرْاَنُ هُنَا هُوَ اْلمَوْصُوْفُ وَالذِّكْرُ هُوَ الصِفَةُ
Maka adzikr adalah peralihan al-qur’an kepada bentuk bahasa manusia yang diucapkan dengan lisan arab. dan bahwasanya adzikr bukan al-qur’an, akan tetapi merupakan satu sifat al-qur’an. Maka al-qur’an disana adalah yang disifati sedangkan adzikr adalah sifat (Syahrur)
الفرقان
· وَاِذَا اَتَيْنَا مُوْسَى الْكِتَابَ وَالْفُرْقَانَ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ
Dan ingatlah ketika kami berikan kepada Musa kitab dan Furqan supaya kamu mendapat petunjuk (QS. al-Baqarah: 53)
· مِنْ قَبْلُ هُدًى لِلنَّاسِ وَاَنْزَلَ الْفُرْقَانَ...
Sebelum (al-qur’an) menjadi petunjuk bagi manusia dan Dia menurunkan al-Furqan...(QS. ali-Imran: 4)
· اَىْ اَنَّهَا أُنْزِلَتْ قَبْلَ مُحَمَّدٍ (ص)
Yaitu, yang diturunkan sebelum Muhammad saw (Syahrur)
· تَبَارَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَ عَبْدِهِ لِيَكُوْ نَ لِلْعَلَمِيْنَ نَذِيْرًا
Maha berkat Allah yang telah menurunkan al-Furqan kepada hamba-Nya supaya dia memberi peringatan bagi semesta alam (QS. al-Furqan: 1)
· اَىْ اَنَّهَا أُنْزَلَتْ عَلَى مُحَمَّدٍ (ص) اَيْضًا
Bahwasanya diturunkan kepada Muhammad saw Juga (Syahrur)
0 komentar:
Posting Komentar